Pengaruh Penerapan E-Ticketing Terhadap Kepuasan Pengguna di Pelabuhan Penyeberangan Kamal
Main Article Content
Abstract
Pelabuhan Penyeberangan Kamal memiliki peran strategis dalam mendukung konektivitas antar pulau, khususnya antara Pulau Jawa dan Madura. Dengan perkembangan teknologi saat ini, sistem e-ticketing mulai diterapkan guna meningkatkan efisiensi dan kenyamanan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkur tingkat kepuasan pengguna terhadap penerapan sistem e-ticketing di Pelabuhan Penyeberangan Kamal. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan CSI. Hasil penelitian ini adalah bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap e-ticketing mencapai 61.56%, yang dikategorikan sebagai cukup puas. Oleh karena itu, saran dari penelitian ini adalah perlu adanya sosialisasi mengenai kemudahan penggunaan e-ticketing dan peningkatan keandalan sistem terutama pada sistem pembayaran sehingga dapat diakses oleh berbagai kalangan pengguna.