Efektivitas Penerapan E-Ticketing dan Cashless Payment di Terminal Ferry Telaga Punggur Dalam Peningkatan Layanan Pembelian Tiket
Main Article Content
Abstract
Badan Usaha Pelabuhan BP Batam mulai menerapkan pembelian e-ticketing dan melakukan pembayaran secara cashless payment. Proses pembelian tiket masih menggunakan sistem konvensional, hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan pada loket tiket. Untuk menjelaskan fenomena yang terjadi pada lokasi penelitian, penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan kuisioner dengan instrument berupa pertanyaan yang diberikan kepada responden. Data yang telah didapatkan akan diolah menggunakan gap analysis dengan acuan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tiket Angkutan Penyeberangan Secara Elektronik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kebiasaan masyarakat dalam pembelian tiket secara konvensional serta loket tiket yang masih melayani pembelian secara langsung membuat penerapan e- ticketing dan cashless payment kurang berjalan, kurangnya sosialisasi yang didapatkan masyarakat menjadikan penerapan e-ticketing dan cashless payment kurang efektif.